Saturday, March 1, 2014

Non-Stop Review

The hijacking was just the beginning


Title: Non-Stop (2014)

Director: Jaume Collet-Serra

Cast: Liam Neeson, Julianne Moore, Scoot McNairy

(Minor spoilers ahead)

Synopsis: Bill Marks (Liam Neeson) adalah seorang air marshal (seseorang yang dilatih oleh pemerintah Amerika dalam menghadapi pembajakan dan aksi terorisme di dalam pesawat*) yang sedang melaksanakan tugasnya dalam melindungi penerbangan New York-London. Tiba-tiba ia mendapat serangkaian pesan singkat melalui telepon genggam miliknya yang berisi ancaman bahwa dalam waktu 20 menit, seseorang dalam pesawat akan terbunuh, kecuali ia mentransfer sejumlah besar uang ke rekening yang telah diberikan.

Review: Unsur misteri dan ketegangan sudah terasa saat Bill menjejakkan kaki di bandara. Dengan pengambilan gambar yang berfokus ke beberapa orang, dengan tiap-tiap orangnya memiliki keunikan tersendiri, seakan mengajak penonton untuk menerka-nerka apa yang akan orang tersebut lakukan di dalam pesawat nanti.

Untuk mereka yang berharap bahwa Non-Stop adalah film aksi (seperti kesan yang diberikan oleh poster film ini), bersiap-siaplah untuk kecewa. Non-Stop adalah sebuah film misteri yang berfokus pada cara Bill mengungkap siapa pelaku teror di dalam pesawat. Memang ada beberapa satu-dua adegan bertarung (yang menarik untuk diikuti), tetapi fokus film ini tetaplah pada teror di dalam pesawat dan usaha Bill menangkap sang pelaku.

Dari segi akting, Liam Neeson dapat memerankan seorang air marshall yang memiliki masa lalu gelap dengan baik. Para pemeran pendukung memiliki keunikan tersendiri dan tidak hanya sekedar tampil di layar (kecuali Lupita Nyong'o).

Visualisasi pesan singkat yang unik dan menarik untuk dilihat menjadi nilai lebih film ini walaupun tidak berpengaruh terhadap cerita secara keseluruhan.

Sayang, seperti kebanyakan film aksi, Non-Stop ditutup dengan klimaks yang... anti-klimaks. Motif dari pelaku, walaupun masih bisa dibilang masuk akal, terlalu datar jika dibandingkan dengan serangkaian rencana yang telah berhasil ia lakukan. Sebuah kekecewaan kecil dari film yang mengejutkan ini.

Conclusion: Non-Stop adalah sebuah kejutan besar dari sebuah film yang tidak menjanjikan hal-hal besar. Aksi dan misteri yang digabung menghasilkan ketegangan dengan sangat baik, membuat penonton sulit untuk melepaskan perhatian mereka dari film ini. Walaupun ditutup dengan sebuah klimaks yang datar, Non-Stop tetaplah sebuah film aksi/misteri menghibur yang sepadan dengan biaya tiket bioskop yang dibayarkan.





No comments:

Post a Comment